Ada Apa di Jurusan Sistem Informasi?




Ngelanjutin tentang post saya tentang ITS (Institut Tekonlogi Sepuluh Nopember) Surabaya, kali ini saya akan bercerita tentang jurusan (sekarang kami menyebutnya departemen) saya, yaitu Departemen Sistem Informasi.
Jika ada dari kalian yang bertanya-tanya, jurusan apa lagi ini sistem informasi? Apa yang dipelajari? Apa bedanya dengan informatika atau teknik komputer? Well, I gues you are currently visiting the right page! Jadi begini..

Apa fokusan Jurusan Sistem Informasi ITS?
Basically, we learn a lot of things. Kalau singkatnya, mengutip kata-kata dosen saya, Jurusan Sistem Informasi mempelajari tentang 2 bidang: Pemrograman/Software Development dan Manajemen. Yes, seperti gabungan antara informatika dan Teknik Industri. Tetapi, apa yang kami pelajari disini tidak begitu mendalam, dalam arti, kita mempelajari banyak subjek dalam manajemen dan banyak subjek dalam pemrograman/software development, tetapi kita tidak dituntut untuk sangat mendalami ilmunya seperti anak2 di jurusan informatika misalnya, atau anak2 di jurusan manajemen/teknik industri. Karena luaran yang diharapkan dari seorang lulusan sistem informasi disini adalah product manager. Dimana ia menggunakan ilmu manajemennya untuk mengatur tim IT, tetapi ia juga bisa mengontrol timnya karena ia sedikit-banyak tahu tentang hal-hal teknis. Eits tapi tidak semua anak sistem informasi akan dan harus menjadi product manager nantinya. Banyak alumni jurusan ini yang menjadi tenaga programmer di beberapa perusahaan/stratup. Sebenarnya kalau profil lulusan SI diantaranya (pada tahun 2018) : Perekayasa Data dan Informasi, Analis Sistem, Manajer Proyek, Manajer Informasi Bisnis, Analis Bisnis, Perintis Bisnis TI.

Apa aja sih yang dipelajari di Sistem Informasi ITS?
Saya masuk jurusan ini di tahun 2015. Selama masa kuliah saya, alhamdulillah tidak berhadapan dengan mat akuliah yang berkaitan dengan Kimia, Biologi, Fisika (bahagia banget rasanya waktu pertamakali tau ini :” ). Padahal di jurusan lain, seringkali mata kuliah semacam itu menjadi momok. Sebut saja kalkulus atau fisdas(fisika dasar).
Hmm mungkin biar kegambar sama kalian yang mungkin lagi bingung milih jurusan kuliah, kira2 yang akan dipelajari di jurusan ini seputar: Pemrograman (java), pengembangan web, pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, database, statistika (kayaknya ini semua jurusan ada), rintisan bisnis digital (alias startup), manajemen organisasi, keterampilan interpersonal, proses bisnis, manajemen proyek TI, Etika profesi, perencanaan sumberdaya perusahaan, manajemen investasi TI dan lain sebagainya, hehe. Itu belulm termasuk mata kuliah bersama ya seperti Agama Islam, B.Inggris, Wawasan kebangsaan, Technopreneurship, dll.
Jangan takut duluan ya, melihat topik2 matakuliah di atasJ Jujur saya pertama kali menginjakkan kaki di jurusan sistem informasi (ceileeh) bekal pemrograman saya skala 1-100: 0. Gak tau sama sekali apa itu pemrograman, ga kebayang gimana kita bisa membuat program dan tiba-tiba komputer bisa menjalankannya(??). Masih 100% ngawang. Tapi mendengar penjelasan dosen yang super jelas dan bisa dimengerti, hari ke hari minggu ke minggu, bulan ke bulan saya cenderung merasa enjoy dan asik menuntut ilmu di jurusan ini (hahah walau IP segitu-segitu aja).

Bisa sambil kerja!
Kuliah di ITS memang saya akui relatif padat jadwalnya. Tapi tidak mentup kemungkinan seorang mahasiswa mencoba hal-hal yang berada di luar bangku kuliah, itung-itung cari pengalaman sebelum lulus. Misal: proyekan sama dosen, dapet pesenan software, atau desain web, atau membuat web untuk suatu startup atau perusahaan, dll. Kalau mau belajar, sebenernya banyak tawaran-tawaran job seperti ini (terutama ngebuat web atau aplikasi android). Selain nambah penghasilan, itu bagus banget buat pengalaman kita selagi masih di bangku kuliah. Ya, kalau misal kita melakukan suatu kesalahan, itu ga akan se-dimarahinnya atau se-malu orang yang udah titel sarjana gitulah. (hehe, tapi jangan dibuat pemakluman ya)

Selain kegiatan akademik, apa aja yang bisa di eksplor oleh seorang Mahasiswa Sistem Informasi?
Seperti jurusan lain pada umumnya, jurusan SI memiliki organisasi (kalo di SMA kayak OSIS) yang bernama Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI). Cakupannya tentunya hanya setingkat jurusan saja. Berbeda dengan BEM ITS yang cakupannya seluruh kampus. Nanti saya akan buat post tentang organisasi (kalau sempat :D).
Selain itu, ada juga klub-klub (kalo SMA kayak ekstrakulikuler). Contohnya: klub musik SI, klub pengembangan web, dan semacemnya.

Ya mungkin segitu dulu post tentang jurusan saya tercinta. Kalau ada saran atau pertanyaan, don’t hesitate to ask J.